Rabu, 09 September 2009

SITUS DORO BATA.....

BENARKAH ADA BANGUNAN CANDI DI BAWAH SITUS DORO BATA ?
Doro Bata (Gunung/bukit batu bata) merupakan gundukan tanah kosong atau sebuah bukit yang terletak  di tengah perkampungan warga tepatnya di Kelurahan Kandai I Kec. Dompu. Konon bangunan atau situs tersebut dahulunya pernah menjadi bagian dari sebuah perjalanan kisah tentang kerajaan Dompu. Diduga di dalamnya terdapat candi seperti Borobudur yang tertimbun sewaktu gunung Tambora meletus pada tahun 1845. Sebab, letusan gunung yang dahsyat sepanjang sejarah dunia itu, telah menghancurkan empat kerajaan yakni : kerajaan Pekat, Sanggar dan kerajaan Tambora.
Beberapa ahli arkeologi yang pernah melakukan penelitian di lokasi tersebut menuturkan bahwa, Doro Bata diperkirakan sebagai tempat pertemuan para NCUHI (raja – raja) kecil, selain itu situs tersebut diduga merupakan sebuah bangunan tempat pemujaan. Diatas doro bata Terdapat sumur kecil, konon sumur tersebut dimanfaatkan oleh warga setempat jika tengah musim kemarau. Lebar atau luas puncak doro bata sekitar 100 meter persegi . Doro Bata telah beberapa kali diteliti oleh para arkelog Indonesia dan asing.
Para arkelogi melakukan penggalian sedalam 1,5 meter dari permukaan bukit dengan ukuran empat kali lima. Hasilnya, para arkelog menemukan adanya susunan bata berbentuk candi secara berurutan. Pada tahun 2004 – 2005 pemerintah pusat pernah berniat akan menggali situs kerajaan Dompu di Dora Bata dengan pola kerja sama anggaran, yakni pusat Rp4 milyar dan Pemkab Dompu Rp1 milyar. Tetapi Pemerintah Kabupaten Dompu saat itu mengaku belum siap untuk menyediakan anggaran sebesar itu.
Pada Tahun 2010 Pemerintah Provinsi NTB melalui (Bapeda NTB) berencana akan menjadikan lokasi situs Doro Bata ini sebagai hutan kota. Rencana tersebut dilakukan agar situs Doro Bata tidak hilang dan tetap dipelihara. Saat ini juga Doro Bata mulai ditata, termasuk beberapa peninggalan sejarah di sekitarnya, seperti Candi Sambi Tangga yang berjarak satu kilometer dari doro bata, kali besar Sore Nae, Situs Waru Kali (Komplek makam kuno) dan sebagainya.
Menurut cerita warga setempat, adanya sumur kecil yang berkedalam kurang satu meter diatas doro bata tersebut, yakni bisa mengeluarkan air yang dipercayai oleh masyarakat sekitar membawa rezeki dan barakah. Dimana, jika masyarakat memiliki hajat dan berdo’a atau melakukan ritual disana, kemudian mengeluarkan air maka bertanda baik.(*).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar